kantor interior

Inilah Tren Kantor 2021 yang Terinspirasi dari Pandemi!

Kita telah memasuki tahun baru setelah melewati terjangan pandemi global yang mengubah gaya hidup kita 180 derajat. Salah satu sektor yang terdampak signifikan adalah bisnis dan perkantoran. Sebagian harus melakukan proses bisnisnya secara WFH (Work From Home), tetapi sebagian lagi harus terpaksa tetap bekerja dari kantor karena jenis pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan secara remote.

Desain interior kantor kini menghadapi tantangan baru: bagaimana cara mendukung proses kerja para karyawan dengan kondisi yang higienis dan aman. Virus COVID-19 produktif berkembang biak dan menular di kerumunan (yang biasa terdapat di kantor), jadi bagi semua perusahaan yang masih bergantung pada sistem WFO (Work From Office), harus memikirkan ulang bagaimana mengatur interior kantornya.

Mari kita simak inspirasi untuk desain interior kantor yang nyaman dan aman!

  1. Ruang Kerja yang Lebih Terbuka

Virus cepat menyebar di tempat yang sempit di mana orang-orang beraktivitas secara berdekatan. Para karyawan berisiko terpapar jika interior kantor terlalu penuh dengan furnitur yang memakan banyak tempat. Pada 2021, desain interior kantor harus lebih fokus untuk menciptakan ruang yang lebih luas demi kenyamanan dan keamanan. 

Ini juga bisa dicapai dengan menggunakan furnitur-furnitur portable yang bisa dipindahkan dengan mudah, atau yang memiliki fitur knock-down. Furnitur yang besar dan ekstra berat sudah tidak relevan lagi untuk desain interior kantor modern. 


2. Siapkan Desinfektan 

Kita pasti selalu berusaha mengingatkan semua karyawan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan master dan mencuci tangan. Namun, satu hal yang sering dilupakan adalah bahwa kita selalu bekerja sambil bersentuhan dengan furnitur-furnitur seperti kursi dan meja. 

Untuk menghindari bahaya virus yang bisa tetap tinggal di furnitur-furnitur ini, kita harus menyiapkan peralatan-peralatan desinfektan yang selalu siap digunakan setiap kali seseorang mulai dan selesai bekerja. Dengan demikian, kita bisa yakin bahwa tidak ada virus yang menempel dan berisiko kita sentuh.

3. Gunakan Partisi Transparan

Sebenarnya sebuah kantor di 2021 perlu meminimalisir kontak antarkaryawan agar turut meminimalisir potensi penyebaran virus. Akan tetapi, penggunaan sekat-sekat juga berpotensi membuat ruang kerja terasa sempit dan sumpek. Solusinya adalah menggunakan partisi transparan yang terbuat dari kaca atau polycarbonate. 

Dinding partisi ini dapat membantu mencegah persebaran droplet tanpa mengorbankan kesan luas dan terbuka dari ruang kerja Anda.


4. Hidupkan Ruangan Dengan Tanaman

Desain interior kantor yang semakin modern tentu tetap membutuhkan sentuhan alam. Warna hijau dari dedaunan dan tanaman-tanaman hias dapat bermanfaat untuk relaksasi pikiran. Untuk itu, kita bisa menyelingi furnitur-furnitur minimalis dengan menggunakan tanaman hias kecil yang juga bermanfaat untuk menjadi pembersih udara sekitar.

5. Teknologi Sensor Untuk Kesehatan 

Tombol lift, keran air wastafel, dispenser handsanitizer, dan mesin absen memiliki satu kesamaan: mereka selalu disentuh oleh karyawan Anda selama di kantor. Ini dapat menjadi lokasi yang ideal bagi virus untuk berkembang biak! 

Membersihkannya menggunakan desinfektan setiap waktu tentu akan menghabiskan waktu dan biaya. Solusinya adalah untuk menggunakan teknologi sensor. Karyawan bisa dengan mudah memanfaatkan lift, wastafel dan sebagainya tanpa perlu menyentuhnya! Selain bermanfaat untuk kesehatan, sensor tanpa sentuh akan menciptakan desain interior kantor yang modern dan futuristik.

Mendesain interior kantor di tahun 2021 memang memiliki tantangannya tersendiri. Akan tetapi, ini adalah investasi yang baik untuk bisnis dan karyawan Anda. Percayakan prosesnya bersama jasa interior Hermosa yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan sekian banyak klien yang sangat puas dengan interior mereka yang baru!

Konsultasikan desain interior kantor Anda sekarang bersama Hermosa!


No Comments
Leave a Reply

× Tanya Lewat WhatsApp