Intip Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah!

Sejak awal tahun 2020, pandemi Corona masih keras menghantam seluruh dunia. Banyak orang terpaksa melakukan semua kegiatan mereka dari rumah, termasuk sekolah dan bekerja. Untuk kamu yang mungkin lebih sering bekerja di kantor, Anda mungkin perlu mengosongkan ruangan atau tempat baru di rumah yang khusus diperuntukkan untuk bekerja dari rumah. Atau untuk Anda yang memang lebih banyak bekerja dari rumah, kemudian ingin mencari suasana baru dengan mendesain ulang ruang kerja yang ada di rumah, Anda mungkin memerlukan beberapa tips penting dalam mendesain ruang kerja yang efektif di rumah. Karena bersifat lebih personal, desain interior kantor di rumah tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kepribadian agar dapat bekerja dengan lebih nyaman dan tetap produktif. Penasaran? Simak tips-tips desain interior kantor di rumah berikut ini!

1.Lokasi Ruang Kerja

Pertama, tentukan di mana Anda akan membuat ruangan untuk tempat kerja. Ruang kerja dapat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Maka dari itu, Anda juga perlu mencari lokasi yang paling nyaman digunakan untuk bekerja. Kunci untuk menentukan lokasi yang tepat untuk ruang kerjamu adalah dengan memikirkan kapan dan di mana Anda melakukan pekerjaanmu.

Karena bekerja di rumah, Anda mungkin harus mencampur kegiatan di rumah dengan pekerjaan. Untuk Anda yang bekerja dan juga merangkap posisi ibu rumah tangga, Anda mungkin dapat menempatkan ruang kerja di dekat dapur. Atau jika Anda termasuk tipe orang yang tidak suka diganggu saat bekerja, Anda mungkin bisa membuat ruang kerja yang agak jauh dari sumber keramaian, misal jalan raya atau ruang tamu.

Selain itu, karena Anda perlu bekerja dalam waktu yang lama, pertimbangkan untuk membuat ruang kerja yang dekat dengan jendela dan sirkulasi udara. Desain interior kantor di rumah dapat mengikuti lokasi yang sudah ditentukan. Agar Anda tidak mudah stress saat bekerja di rumah, Anda bisa membuat desain interior kantor di rumah yang memungkinkan cahaya matahari alami masuk ke ruang kerja atau sirkulasi udara di dalam ruangan yang lebih baik. Ruang kerja pun menjadi lebih sehat meskipun Anda harus duduk selama berjam-jam.

Selain itu, dalam menentukan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat kerja, pastikan bahwa tempat kerjamu tidak terlalu sempit, ya! Jangan memaksakan harus berada di sudut ruangan atau tempat-tempat sempit lainnya. Karena Anda kemungkinan harus bekerja selama berjam-jam, Anda memerlukan ruang kerja yang nyaman dan memudahkan pergerakan. Tentunya Anda tidak ingin kaki atau lututmu terbentur pinggir meja bukan?

2. Memilih Kursi dan Meja

Selanjutnya, lengkapi desain interior kantor di rumah dengan kursi dan meja yang tepat. Pemilihan kursi dan meja secara cermat dapat menjamin kenyamanan Anda saat bekerja. Pilihlah meja yang setidaknya cukup luas untuk meletakkan komputer atau laptop, serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat bekerja, seperti buku catatan, printer, buku referensi, dan lain-lain. Idealnya, meja kerjamu setidaknya memiliki lebar minimal 120 cm. Tetapi, kalau Anda hanya meletakkan laptop di meja kerjamu, Anda bisa memilih ukuran yang lebih kecil.

Kemudian, untuk kursi, pastikan bahwa kursimu tidak terlalu sempit saat diduduki, serta pilihlah kursi yang nyaman untuk diduduki dalam waktu yang lama. Karena kedua furnitur ini sangat penting dalam mengakomodasi pekerjaan di rumah, pilihlah meja dan kursi yang paling nyaman. Jangan lupa untuk menyesuaikan tinggi meja dan kursi agar Anda dapat lebih enak saat bekerja.

3. Penyimpanan

Dengan segala perlengkapan yang Anda butuhkan saat bekerja, Anda tidak mungkin meletakkan semua barang di atas meja. Daripada diletakkan di meja, beberapa persediaan barang penting, seperti alat tulis kantor atau barang lainnya, bisa disimpan di dalam laci, rak, atau lemari yang mudah diakses saat dibutuhkan. Pastikan bahwa Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk menyimpan semua perlengkapan kantormu. Dengan perancangan desain interior kantor yang baik, Anda juga bisa membuat penyimpanan yang lebih rapi dan cantik, sehingga ruang penyimpanan tidak hanya berguna secara fungsional, tetapi juga secara estetik.

4. Beri Sentuhan Personal

Bagian terbaik dari bekerja di rumah adalah Anda bisa mendekorasi tempat kerjamu sesuka hati. Anda tidak perlu takut ada rekan kerja yang mengomentari meja kerjamu. Buatlah ruang kerja senyaman mungkin sesuai keinginanmu. Percantik desain interior kantor di rumah sesuai dengan selera, seperti menambahkan pigura foto, tanaman, stiker, dan lain-lain. Jika Anda masih ragu dengan dekorasi yang tepat untuk ruang kerja pribadimu, Anda bisa berkonsultasi dengan desainer interior.

Perancangan desain interior kantor di rumah mungkin memang bisa dilakukan sendiri, tetapi hasilnya akan lebih memuaskan jika Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya. Hermosa Interior Design merupakan salah satu perusahaan desain interior berpengalaman yang dapat memberikan solusi untuk ruang kerja pribadi yang nyaman dan indah.

No Comments
Leave a Reply

× Tanya Lewat WhatsApp