Rumah Jadul

Ditengah maraknya tren desain yang mengarah pada gaya kontemporer ternyata tak melunturkan gaya desain jadul di hati para pecintanya. Tak bisa dipungkiri, gaya desain yang menampilkan nuansa khas tempo dulu atau jadul mampu menciptakan suasana tentram dan nyaman pada sebuah hunian. Penataan interior yang tepat bahkan mampu mengembalikan memori masa kecil atau suasana kampung halaman bagi si pemilik. Hal ini tentu saja berbeda dengan gaya desain masa kini yang cenderung terkesan kaku dan dingin.

 

Untuk mewujudkan hunian bergaya tempo dulu sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu bereksplorasi serta memadu padankan berbagai elemen yang identik seperti furnitur, material penutup dinding dan lantai hingga elemen dekoratif. Nah berikut ini adalah 4 langkah yang dapat Anda lakukan demi mewujudkan rumah impian bergaya jadul.

 

Furnitur Vintage

Manfaatkan kembali kursi bekas yang sudah tak terpakai dengan cara re-furnish dan mengganti busa dudukan serta upholsterynya. Kursi berkaki lancip atau lebih dikenal dengan kursi jengki yang populer di era tahun 50-an menjadi salah satu desain furnitur yang paling digemari untuk membangun kesan ‘lawas’ pada sebuah ruang.

 

Lantai Tegel

Tegel merupakan salah satu elemen yang populer digunakan untuk membangun kesan ‘jadul’. Keunikan motif dan warnanya menciptakan visual yang atraktif. Maka tak heran jika aplikasinya kini tak hanya sekedar sebagai penutup lantai, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang menghiasi dinding. Gunakan tegel yang bermotif jadul yang serasi pada salah satu ruangan. Namun anda juga dapat menggunakan tegel jadul sebagai aksen dan pendamping pada tegel utama di ruangan yang anda pilih.

 

Aksesori Dinding

Percantik bidang dinding yang kosong dengan rangkaian piring bermotif cantik. Gunakan dalam jumlah yang banyak sehingga tampilannya bisa menjadi statement pada ruang.

 

Koleksi Barang Antik

Pertegas nuansa khas tempo dulu dengan menempatkan koleksi barang antik Anda seperti tumpukan koper bekas atau telepon jadul di sudut ruang. Anda juga bisa menggunakan chandellier antik berbahan besi yang dihiasi lampu petromak sebagai armatur lampu. Tak hanya sebagai penerangan, tampilannya terlihat unik dan eye catching.