Menyiasati rumah mininalis agar terlihat luas

Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk memiliki tanah atau rumah yang luas. Namun untuk masyarakat perkotaan, memiliki tanah dan bangunan rumah yang luas mungkin hanya angan2 dikarenakan mulai terbatasnya lahan dan harga tanah yang selangit. Untuk itu masyarakat perkotaan pada umumnya sekarang banyak yang memilih bentuk rumah yang minimalis dan sederhana.

Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, menata rumah anda mungkin menemui beberapa kesulitan dikarenakan keterbatasan luas ruangan. Namun, anda tetap bisa mengakali ruangan rumah anda agar rumah minimalis dan sederhana terlihat luas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diberikan untuk anda.

1. Pasang cermin berukuran besar.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika adanya cermjn di dalam ruangan akan dapat membuka ruangan baru. Cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya. Cermin yang berukuran besar akan memantulkan seisi ruanhan serta cahaya sehingga kesan luas akan terasa.

2. Penempatan furnitur besar
Letakkanlah satu furnitur besar pada ruangan. Akan lebih baik meletakkan satu furnitur besar daripada meletakkan furnitur yang kecil-kecil tapi banyak.

3. Pemilihan warna tembok yang pas
Memang pada dasarnya seseorang boleh memilih warna tembok sesuka hati, namun pemilihan warna yang mencolok dapat memberikan kesan sempit pada ruangan. Untuk itu pilihlah warna yang lembut seperti warna pastel atau putih. Namun jika anda menggunakan wallpaper, gunakanlah wallpaper dengan motif bergaris, baik vertikal ataupun horizontal. Hindari wallpaper dengan motif yang terlalu ramai atau dengan motif yang terlalu intens.

4. Pemilihan warna lantai
Selain dinding, bagusn rumah yang akan sering terlihat mata adalah lantai. Pilihlah keramik atau tegel yang cerah dan berukuran agak besar. Sebab keramik yang berukuran kecil akan menyebabka ruangan di rumah terasa sempit.

5. Penempatan gorden
Untuk menyiasati rumah anda agar terlihat luas, anda dapat memasang gorden anda lebih tinggi dari jendela. Hal ini dilakukan agar menimbulkan kesan ruangan memiliki langit – langit yang tinggi. Pemilihan motif gorden juga harus diperhatikan. Pilihlah gorden dengan tidak terlalu banyak rumbai – rumbai atau terlalu banyak detail. Kemudian, bukalah gorden saat siang. Biarkan cahaya matahari masuk ke ruangan untuk membuatnya terlihat lebih luas.